cara cek ranking website

6 Cara Cek Ranking Website Anda Dengan Mudah!

Dalam dunia digital yang semakin kompetitif, mengetahui posisi website Anda di hasil pencarian adalah kunci untuk mengoptimalkan strategi SEO. Mengetahui ranking website membantu Anda memahami sejauh mana upaya SEO yang dilakukan berhasil dan di mana saja perlu perbaikan. Karena hal itu, Anda harus tahu bagaimana cara cek ranking website dengan benar. Mau tahu caranya? Yuk, teruslah membaca!

Cara Cek Ranking Website Paling Mudah!

Mengetahui peringkat atau rangking situs web merupakan hal yang penting untuk Anda pahami, terlebih untuk Anda yang baru belajar SEO. Berikut adalah enam cara cek ranking website yang bisa Anda coba:

1. Google Search Console

Dengan Google Search Console, Anda bisa melihat kata kunci apa saja yang membawa pengunjung ke website Anda, posisi rata-rata website Anda untuk kata kunci tersebut, serta jumlah klik dan tayangan.

Cara menggunakan Google Search Console:

  • Daftar dan verifikasi website Anda di Google Search Console.
  • Buka menu “Performance” untuk melihat laporan lengkap tentang performa website Anda di hasil pencarian Google.
  • Filter data berdasarkan kata kunci, halaman, negara, perangkat, dan banyak lagi untuk analisis yang lebih mendalam.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat SEO berbayar yang paling populer dan komprehensif di pasaran. Alat ini menawarkan berbagai fitur untuk menganalisis backlink, keyword, dan banyak lagi, termasuk kemampuan untuk memantau ranking website. Silakan baca tulisan saya mengenai apa itu backlink bagi yang masih asing dengan istilah tersebut.

Cara menggunakan Ahrefs:

  • Buat akun dan tambahkan website Anda di Ahrefs.
  • Gunakan fitur “Site Explorer” untuk melihat data tentang backlink dan organic search traffic.
  • Masuk ke “Rank Tracker” untuk memantau posisi kata kunci yang Anda targetkan dan melihat bagaimana ranking Anda berubah dari waktu ke waktu.

3. SEMrush

SEMrush adalah alat SEO lain yang sangat terkenal dan sering digunakan oleh para profesional. Alat ini menawarkan berbagai fitur untuk penelitian kata kunci, analisis kompetitor, audit website, dan pemantauan ranking.

Cara menggunakan SEMrush:

  • Daftar dan tambahkan website Anda di SEMrush.
  • Gunakan fitur “Position Tracking” untuk memantau peringkat website Anda untuk kata kunci yang spesifik.
  • Analisis laporan untuk melihat perubahan posisi dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya.

4. Moz Pro

Moz Pro adalah alat SEO yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu Anda meningkatkan peringkat website Anda. Salah satu fitur utamanya adalah pelacakan peringkat, yang memungkinkan Anda memantau posisi website Anda di hasil pencarian.

Cara menggunakan Moz Pro:

  • Buat akun dan tambahkan website Anda di Moz Pro.
  • Gunakan fitur “Rank Tracker” untuk memantau posisi website Anda untuk kata kunci yang ditargetkan.
  • Analisis laporan untuk memahami bagaimana peringkat Anda berubah dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya.

5. Serpstat

Serpstat adalah alat SEO all-in-one yang menawarkan berbagai fitur untuk analisis kata kunci, audit website, analisis kompetitor, dan pemantauan ranking. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mengoptimalkan strategi SEO mereka dengan data yang komprehensif.

Cara menggunakan Serpstat:

  • Daftar dan tambahkan website Anda di Serpstat.
  • Gunakan fitur “Rank Tracker” untuk memantau posisi website Anda untuk berbagai kata kunci.
  • Analisis data untuk melihat tren peringkat dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

6. Ubersuggest

Alat ini menawarkan berbagai fitur seperti penelitian kata kunci, analisis kompetitor, dan pemantauan ranking. Ubersuggest sangat user-friendly dan cocok untuk pemula maupun profesional.

Itulah 6 cara mengecek peringkat situs web yang bisa Anda coba. Mengetahui cara cek ranking website adalah langkah penting dalam menerapkan strategi SEO. Dengan menggunakan beberapa tools tadi, Anda bisa memantau dan menganalisis posisi website Anda di hasil pencarian, memahami tren, dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Selamat mencoba.

Baca Juga: Backlink Profile Dofollow: Definisi, Manfaat dan 5 Cara Membangunnya!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 1 =